Monday, April 30, 2012

on Leave a Comment

Tutorial Dasar Animasi GIF di GIMP



Ada banyak aplikasi untuk membuat animasi GIF. Sebut saja Adobe Image Ready, Fireworks, atau yang instan semacam Easy GIF Animator. Yang saya sebutkan tadi adalah software berbayar. Kalau ingin yang free, kita bisa menggunakan GIMP untuk membuat animasi GIF.


Saya pernah menulis tutorial serupa di blog saya yang lain (sudah tidak pernah di-update), dan di kaskus. Kali ini, intinya sama dengan yang pernah saya buat, hanya saya ganti contoh gambarnya saja. :)

Pada intinya membuat animasi itu mengumpulkan banyak gambar dan membuat kumpulan gambar itu menjadi bergerak. Demikian juga dengan animasi GIF di GIMP. Yang kita butuhkan adalah membuat layer sebanyak yang kita mau (jelas harus lebih dari satu), kemudian menyimpannya sebagai animated GIF. Berikut adalah contohnya

Pertama
Misalnya kita buat image dengan ukuran 140x140 px.


Kedua
Buka gambar yang ingin kita jadikan animasi GIF. Disini saya menggunakan 4 gambar icon Monster Inc yang saya dapat dari iconarchive


Nah, sekarang kita punya 5 layer. Hapus saja layer background-nya sehingga tinggal menyisakan 4 layer gambar.

Ketiga
Sebelum disimpan, kita bisa preview dulu hasil animasi yang akan kita dapatkan. Pilih Filters > Animation > Playback


Keempat
Simpan dengan ekstensi .gif, misalnya test.gif. Kemudian pilih Save as Animation


Karena layer yang saya punya transparan, dan langsung disimpan, saya setting seperti berikut ini
Delay between frames : 500 ms
Frame disposal : One frame per layer
2 kotak di bawahnya saya contreng


Animasi GIF sudah selesai dibuat. Gitu aja? Iya, hanya itu saja. Mudah sekali bukan? Selamat mencoba.

0 Comments:

Post a Comment