Tuesday, May 15, 2012

on Leave a Comment

GIMP: Animasi GIF dengan Efek Piksel




Setelah sebelumnya kita belajar dasar membuat animasi GIF di GIMP, kali ini kita akan membuat yang sedikit rumit, rumitnya sedikiiit aja. Hasilnya seperti yang bisa kita lihat di samping atas. 

Saya agak ragu memberi judul tutorial ini, Animasi GIF dengan efek piksel, atau efek puzzle, atau ada sebutan lain untuk ini? Bayangan saya harusnya memang efek piksel, maksudnya kotak per kotak yang muncul lebih kecil dari yang dihasilkan dari tutorial ini. Sudahlah, sekarang kita mulai saja tutorial ini.

Pertama
Kita buat dulu pattern (pola) yang akan membantu kita mendapatkan efek piksel. Buat sebuah image baru, ukuran 100x100 pixels, kemudian buat dua buah kotak seperti pola papan catur. 


Setelah itu pilih menu Edit > Copy Visible, lalu Edit > Paste as > New Pattern.


Untuk mendapatkan efek yang lebih baik, lebih kecil ukurannya akan lebih baik. Misalnya bukan 100x100 tapi 10x10. Tapi karena terlalu panjang untuk jadi tutorial, maka saya buat ukuran yang agak besar.

Kedua
Buat image baru dengan ukuran 300x300. Dengan Bucket Fill tool, fill type Pattern fill, kita pakai pattern yang sudah kita buat tadi untuk mewarnai image.


Ketiga
Buka dua gambar yang berbeda sebagai layer baru. Pilih menu File > Open as Layers (CTRL+ALT+O). Disini saya menggunakan dua gambar ini



Keempat
Duplikat dua layer tadi. Layernya saya susun seperti ini biar lebih mudah.



Dengan bantuan background kotak-kotak, kita seleksi dua area kotak hitam di tengah.


Kalau layer background disembunyikan, terlihat area seleksinya seperti ini

Pada layer ghost 1, klik kanan, Add Layer Mask, pilih Selection


Hasilnya seperti ini.


Lakukan juga Add Layer Mask untuk layer alinscribe 1

Kelima
Duplikat lagi dua layer utama tadi. Kemudian kita ulangi langkah seperti di atas dengan area seleksi yang diperluas.


Keenam
Sekali lagi ulangi langkah-langkah seperti di atas dengan area seleksi yang diperluas lagi.


Ketujuh
Sekarang kita masuk bagian paling seru, menyusun layer. Agar lebih mudah menjelaskan, saya tunjukkan susunan layer punya saya, seperti ini


Untuk menghasilkan efek perpindahan dari gambar ghost ke alinscribe, duplikat layer ghost tiga kali, kemudian disusun seperti berikut ini. 


3 layer hasil duplikat ini nanti akan jadi background masing-masing layer di atasnya

Kedelapan
Kita pindah layer alinscribe ke atas layer alinscribe 3. Lalu duplikat layer alinscribe tiga kali dan disusun seperti ini.


O iya, layer background kotak-kotak papan catur tadi boleh dihapus, karena sudah tidak terpakai lagi.

Kesembilan
Merge down layer yang ber-mask ke layer backgroundnya masing-masing (layer di bawahnya). Caranya, klik kanan layer > Merge down. Hasilnya seperti berikut ini

Kesepuluh
Untuk melihat hasilnya, bisa kita preview lewat Filters > Animation > Playback. Agar ukuran file GIF yang kita dapatkan nanti tidak terlalu besar, kita optimasi lewat Filters > Animation > Optimize for GIF. Nanti akan muncul jendela baru hasil optimasi. Tidak perlu screenshot ya...

Kesebelas
Kita simpan file hasil optimasi tadi, atau yang tidak dioptimasi, dengan ekstensi GIF. Jangan lupa, Save as Animation

Sekarang kita punya animasi GIF yang cukup keren untuk dipamerkan, mungkin sebagai avatar, atau untuk yang lain. Akhirnya, selamat mencoba. Salam.

-----------------------------------------

Update: 

Saya ganti ukuan gambarnya menjadi 150x150 px. Karena rasa-rasanya ukuran sebelumnya (300 x 300 px) terlalu besar dan terlalu berat di-load.

0 Comments:

Post a Comment