Friday, April 6, 2012

on Leave a Comment

Inkscape: Shield and Swirl


Bismillah, saya mencoba menuliskan tutorial Inkscape kedua di blog ini. Yang akan kita buat pada tutorial kali ini adalah shield (perisai) dan dipermanis dengan swirl. Hasilnya seperti gambar di atas.



Pertama
Kita buat bentuk perisai seperti ini

Kemudian diberi warna gradasi, putih - grey



Kedua
Kita buat lagi satu bentuk perisai. Duplikat aja yang pertama. Kemudian beri kita beri warna gradasi biru - hitam



Ketiga
Kita buat efek glossy.  Duplikat shield yang kedua, kemudian buat sebuah elips. Seleksi keduanya (shield dan elips), kemudian pilih menu Path > Intersection (CTRL + -)


Beri warna gradasi, putih - transparan, seperti ini



Keempat
Beri efek bayangan. Caranya dengan menduplikasi shield pertama, beri warna hitam dan di-blur. Tempatkan 'bayangan' ini di posisi paling bawah.


Kelima
Saatnya kita buat swirl. Apa itu swirl? Saya tidak tahu diterjemahkan apa dalam bahasa Indonesia, yang jelas bentuknya seperti gambar berikut ini.


Saya pikir, saya tidak perlu susah-susah menjelaskan bagaimana cara membuat swirl. Saya rekomendasikan untuk membuka video tutorial di sini. Di situ dijelaskan secara detail, sangat jelas, dan menarik, bagaimana cara membuat swirl.

Kita buat banyak swirl, dan beri warna yang berbeda. Dalam tutorial ini, tema warnanya adalah biru, jadi saya menggunakan varian warna bitu.


Keenam
Kita beri sedikit sentuhan dengan membuat lingkaran-lingkaran.



Selesai
Beri background yang sesuai, maka kita dapatkan yang seperti ini.

0 Comments:

Post a Comment