Thursday, April 19, 2012

on Leave a Comment

Inkscape: Drawing an Ice Cream


Mau es krim? Mau? Sayangnya, saya cuma bisa memberikan tutorial membuat ilustrasi es krim dengan inkscape. Sebuah es krim cokelat yang lezat, hmmm... Selamat menikmati, menikmati tutorial ini...


Pertama
Buat sebuah persegi (kotak) dengan sudut yang melingkar (rounded corner). Belum tahu caranya? Ketika membuat kotak, di salah satu sudut ada titik berbentuk lingkaran. Tarik titik tersebut, dan jadilah sebuah rounded corner.


Kedua
Kita buat duplikasinya (CTRL+D), kemudian tempatkan di bawah kotak yang pertama (lower selection one step). Beri warna yang lebih gelap dari kotak pertama.


Supaya terlihat menyatu, kita edit kotak kedua ini. Kita ubah dulu menjadi path melalui menu Path > Object to Path (Shift+CTRL+C). Kemudian dengan Edit Path tool, tarik titik bawah kiri dan titik kanan atas sampai terlihat menyatu.



Ketiga
Kita buat seolah ada bagian yang tergigit, atau tepatnya 'krowak' dalam bahasa Jawa. Kita buat bentuk seperti ini dengan Bezier Tool.


Keempat
Masih soal 'krowak', kita harus sembunyikan bagian sudut yang seharusnya tidak ada karena sudah tergigit. Kita mulai dari kotak kedua. Karena tadi sudah diubah menjadi path, tinggal kita tambahkan node. Caranya, dengan menggunakan Edit Path tool, klik satu titik, kemudian klik satu titik lain sambil menahan tombol SHIFT. Setelah dua titik terpilih, klik insert new nodes.


Tarik titik-titik tadi sampai tertutup oleh 'krowakan'.



Kalau kotak kedua ini ditempatkan paling atas, akan terlihat seperti ini.


Kelima
Ulangi langkah tadi untuk kotak yang pertama. Jangan lupa ubah dulu menjadi path (Path > Object to Path). hasilnya seperti ini.


Keenam
Ubah warna stroke (garis tepi) dari 'krowakan' dengan warna yang sama dengan warna kotak kedua. Supaya lebih rapi, beri juga stroke untuk kotak kedua dengan warna yang sama. Sayangnya saya lupa ambil screenshotnya, tapi bisa dilihat di gambar-gambar selanjutnya, tidak ada garis hitam lagi di area 'krowakan'.

Ketujuh
Kita buat stik-nya. Sama dengan langkah pertama tadi, kita buat kotak dengan rounded corner. Kemudian buat duplikasinya (CTRL+D), dan tempatkan di bawahnya (lower selection one step).



Kedelapan
Kita buat bayangan pada stick. Buat sebuah kotak, beri warna gelap. Kurangi opacity-nya dan sedikit blur.



Kesembilan
Kita buat es krim yang sudah tergigit ini terlihat sedikit meleleh. Saya membuatnya dengan mengubah lingkaran (elips) menjadi path (Object to Path), kemudian menarik satu titik ke atas.



Kesepuluh
Kita beri sedikit sentuhan untuk membuat es krim terlihat agak mengkilap. Buat sebuah kotak, putar menjadi diagonal. Duplikat 'kotak es' yang pertama, klik kotak diagonal sambil menekan tombol SHIFT. Lalu pilih menu Path > Intersection (CTRL+*).



Berikan warna gradasi, atau kurangi opacity-nya.



Selesai
Hmmm.... yummy, sebuah es krim coklat siap dinikmati.

0 Comments:

Post a Comment