Wednesday, March 14, 2012

on Leave a Comment

Seleksi di GIMP (2): Quickmask

Salah satu cara melakukan seleksi di GIMP untuk mendapatkan hasil yang halus dan detail adalah dengan bantuan Quickmask. Kita akan belajar bagaimana caranya seleksi dengan metode ini. Cara seleksi yang lain bisa dilihat di tutorial sebelumnya, Seleksi di GIMP (1).

Kita ambil contoh foto salah satu pemain sepakbola. Tujuannya menyeleksi gambar si pemain dan mengganti warna background atau menghilangkan background-nya (menjadi transparan).

Pertama buka foto yang dimaksud, kemudian klik bagian pojok kiri bawah (Shift+Q). Ini yang disebut quickmask. Foto akan tertutup warna merah transparan.

Selanjutnya kita gunakan Paintbrush tool untuk memulai seleksi. Pilih warna putih untuk menghapus mask, dan warna hitam untuk menambah mask.


Hapus sedemikian rupa dengan paintbrush sampai seluruh objek yang kita inginkan tidak tertutup mask. Nggak susah kok... Cuma butuh kesabaran dan ketelitian.


Oke, setelah selesai klik lagi tombol quickmask atau tekan Shift+Q. Nah, bisa kita lihat bagian yang tidak tertutup mask sekarang terseleksi.


Untuk membuat background menjadi transparan, pilih menu Layer > Mask > Add Layer Mask. Kemudian pilih Selection.


Untuk mengganti warna background, pilih menu Select > Invert (Shift+I). Sekarang yang terseleksi adalah bagian yang tadi masih tertutup mask. Untuk mengganti background-nya menjadi hitam putih, pilih menu Colors > Desaturate


Kalau kita ingin menambahkan gambar terseleksi ke gambar lain, pilih Edit > Copy, lalu pada gambar tujuan pilih Edit > Paste as > New Layer


Semoga bermanfaat. Salam.

0 Comments:

Post a Comment