Sunday, March 11, 2012

on Leave a Comment

Seleksi di GIMP (1): Selection Tools

Saya sering menjumpai pertanyaan, bagaimana melakukan seleksi di GIMP? Sebetulnya pertanyaan ini masih terlalu global, tapi biasanya yang dimaksud adalah mengganti background sebuah foto atau mengambil sebuah objek tertentu dalam gambar. Saya mencoba membuat 2 tutorial untuk menjelaskan bagaimana melakukan seleksi di GIMP. Tentu saja sebatas pengetahuan saya.

Pada bagian pertama ini, kita akan mengenal Selection Tools di GIMP.

1. Rectangle Select Tool dan Ellipse Select Tool


Rectangle select tool digunakan untuk membuat seleksi berbentuk segi empat, sedangkan Ellipse select tool untuk lingkaran atau elips. Ini dua tools dasar yang sering saya gunakan. Sepertinya tidak perlu banyak penjelasan. 

2. Free Select Tool

Namanya saja free select, ini tool untuk membuat seleksi bentuk sembarang, bebas. Tidak cocok digunakan pemula seperti saya kalau ingin menyeleksi sebuah obyek dengan hasil yang detail dan halus. Kecuali kalau tangan kita terampil dan didukung mouse yang bagus.

3. Fuzzy Select Tool

Fungsinya untuk menyeleksi area yang bersambungan berdasar warna. Bingung? Oke, contoh:


Pada gambar di atas, yang diseleksi adalah area warna hitam (#000000) di sebelah kiri. Yang sebelah kanan tidak ikut terseleksi karena terpisah oleh warna lain (ungu). Tool ini sangat memudahkan kita menyeleksi background sebuah obyek yang backgroundnya cuma 1 warna. Misalnya, foto dengan latar tembok bercat putih.

4. Select by Color Tool

Fungsinya untuk menyeleksi area berdasarkan warna. Jika Fuzzy select hanya menyeleksi area yang bersambungan, Select by Color akan menyeleksi semua area yang memiliki warna yang sama (tentunya berdasar nilai RGB). Contoh:


 Pada gambar di atas, semua area warna hitam (#000000) terseleksi, termasuk area di dalam bunga.

5. Scissors Select Tool

Fungsinya untuk membuat garis seleksi dengan intelligent edge-fitting. Jadi tool ini akan membuat garis menyesuaikan pinggiran obyek yang ingin kita seleksi. Kalau tidak salah, mirip dengan Magnetic Lasso di Photoshop. Saya gunakan tool ini untuk menyeleksi mata pada tutorial sebelumnya, Recoloring Eye.

6. Foreground Select Tool

Saya tidak pernah menggunakan tool ini karena belum paham fungsinya. Saya baru mencobanya sebelum membuat tutorial ini. Mungkin fungsinya mirip dengan seleksi dengan teknik Quick mask (akan dibahas pada tutorial kedua), tapi lebih simpel. Lebih simpel bukan berarti hasilnya lebih bagus lho ya... 
Gambar berikut menunjukkan area yang tidak terseleksi tool ini berwarna hijau. Tekan Enter dan terseleksilah bagian tengah gambar bunga matahari ini.


7. Path Tool

Saya tidak tahu, apakah Path tool bisa digolongkan sebagai selection tools atau tidak. Yang jelas kita bisa membuat seleksi dengan path (path to selection).



Baiklah, sampai di sini dulu. Insya Allah akan kita lanjutkan pada tutorial seleksi di GIMP bagian ke-2. Semoga bermanfaat. Salam.

Tips: Terutama untuk Fuzzy select dan Select by color, tekan Shift untuk menambah area seleksi, Alt untuk mengurangi.

0 Comments:

Post a Comment