Friday, March 9, 2012

on Leave a Comment

Inkscape: Drawing a Pencil

Tutorial pertama saya di blog ini untuk Inkscape, menggambar pensil. Idenya memang gak orisinil, tapi sepenuhnya saya buat sendiri. Penampakannya seperti ini,




Pertama
Kita buat bentuk pensil dengan bezier tool, seperti gambar di bawah ini. Tidak harus dipisah-pisah. Saya buat terpisah cuma buat ilustrasi. Untuk lebih memudahkan, kita bisa pakai grid (View > Grid).


Kedua
Kita warnai dengan gradasi. Klik ikon Fill and Stroke. Pada tab Fill, pilih linear gradient. Edit warna pertama dan kedua. Yang saya buat, saya beri warna biru (0 0 255 255) dan hitam (50 50 50 255), kemudian kuning (255 204 0 255) dan hitam, merah (255 0 0 255) dan hitam. Ujung pensil saya beri warna... apa ya namanya... sebut aja krem (222 205 135 255) dan hitam.


Setelah itu, pada tab Stroke Paint, pilih No Paint.


Ketiga
Biar terlihat lebih realistis, kita beri efek shine. Buat seperti gambar berikut dengan Bezier tool, atau freehand. Setelah itu, beri warna putih (10% gray), kemudian di-blur (10.0). O iya, ujung hitamnya jangan lupa dibuat sendiri.



Keempat
Putar pensil. Seleksi semua elemen gambar pensil, kemudian klik tombol Group (CTRL+G). Pilih menu Object > Transform. Pilih tab Rotate, set ke 285 degrees.



Kelima
Kita buat bayangannya. Seleksi gambar pensil, buat duplikatnya (CTRL+D). Kemudian kita satukan, pilih menu Path > Union (CTRL+ +) dan beri warna hitam. Setelah itu, klik tombol lower to bottom (atau pencet tombol End di keyboard). Lalu kita buat seperti di gambar berikut.

Terakhir
Blur bayangannya, dan selesai.


Semoga bermanfaat. Salam.

0 Comments:

Post a Comment