Saturday, March 3, 2012

on Leave a Comment

GIMP: Glass Effect pada Text

Tutorial berikut ini akan menunjukkan cara membuat teks menjadi seperti kaca/ gelas yang bening (transparan). Tutorial ini saya adaptasi dari gimpology.

 


1. Siapkan background layer, tapi jangan warna putih ya... Dalam tutorial ini saya menggunakan background gradasi hitam-merah.
2. Kita buat sebuah text layer. Beri warna yang senada dengan background. Kemudian kita set opacity untuk layer text ini menjadi 50. Kemudian klik Path from text (akan kita gunakan nanti)




3. Masih pada layer text, pilih menu Filters > Light and Shadow > Drop shadow. Set nilai offset x dan y menajadi 2 (atau terserah keinginan)




4. Kita buat layer baru, transparent, di atas layer text. Kemudian pilih menu Select > From Path. Lanjut, pilih menu Select > Feather, beri nilai 10.
Kita beri warna yang lebih terang dari text. Kemudian pilih menu Select > Shrink, beri nilai 2. Lalu tekan tombol Delete pada keyboard. Set opacity layer ini ke 50. Hasilnya seperti ini.


5. Buat layer baru lagi, pilih menu Select > From Path, Select > Feather, lalu Select > Shrink, beri nilai 8. Kita beri warna hitam (atau warna gelap lain). Set opacity layer menjadi 50. Sudah hampir jadi nih..



6. Buat layer baru, lalu pilih menu Select > From Path. Kemudian kita pakai Ellipse Select Tool, mode intersect, menjadi seperti ini



7. Terakhir, kita gunakan Gradient Tool dengan warna transparent ke putih. Bagusnya pakai shape Radial, tapi linear juga boleh. Kemudian atur opacity layer.



Selesai. Semoga bermanfaat. Ada pertanyaan, silahkan tinggalkan komentar. Salam...

0 Comments:

Post a Comment