Wednesday, November 13, 2013

on 1 comment

Slackware 14.1 Telah Dirilis


Slackware 14.1 telah dirilis 7 November kemarin. Kurang lebih 1 tahun-an setelah versi sebelumnya, 14.0. Apa saja yang baru? Baca saja di official anouncement dan release notes-nya, hehe.. Saya sih gak terlalu ngerti bedanya apa dengan versi sebelumnya, kecuali yang kelihatan aja. Itulah yang mau saya tulis disini.

Yang baru di slackware 14.1 ini, yang pertama, kalau kita install via flashdisk, ada pilihan khusus untuk removable drive pada saat memilih SOURCE MEDIA SELECTION. Di versi sebelumnya, pilihan kita cuma from hard drive partition dan selanjutnya kita tentukan letak flashdisknya (biasanya di /dev/sdb1).

Tampilan default dengan desktop Xfce

Kedua, kernel-nya memakai kernel 3.10.17. Menurut release notes-nya, kernel 3.10.x ini long term support dari developer kernel. Versi x86_64 dari Slackware 14.1 ini juga sudah support UEFI. Komputer saya sih PC jadul, gak bakalan kenal sama UEFI. hehe..

Ketiga, Thunar, file manager-nya Xfce (yeah.. i love Xfce) terlihat sangat beda. Mungkin saya aja yang gak update kali ya. Membawa Thunar versi 1.6.3, sidepane-nya sedikit asing, ada pengelompokan antara Devices, Places, dan Network. Mirip nautilus, tapi harddrive yang automount lewat fstab tetap saja tidak terlihat. Ada yang tahu caranya supaya muncul di sidepane?

My Xfce Desktop

Keempat, tentu saja software-software yang lebih baru, seperti GIMP 2.8.6, Firefox ESR dan Thunderbird 24.1.0, Pidgin 2.10.7, Xfce 4.10, dst. Nggak baru-baru amat sih, tapi tidak terlalu ketinggalan dengan yang paling update. Toh software-software tersebut sudah di-test kestabilannya sebelum disertakan dalam rilis.

Sepertinya cuma itu yang masuk pengamatan saya. Slackware 14.1 bisa kita unduh di http://mirrors.slackware.com/slackware/slackware-iso. Dari server lokal, tersedia di http://kambing.ui.ac.id/iso/slackware atau via http://iso.ukdw.ac.id/slackware

Yang males download, bisa datang ke tempat saya, di daerah Makamhaji, Kartasura, Sukoharjo. Bawa flashdisk (minimal 4GB) atau DVD blank, sekalian gula, beras dan mie instan, seikhlasnya, hahaha....

1 comment: