Tuesday, September 24, 2013

on Leave a Comment

Tutorial Membuat Animasi GIF dari Video Menggunakan QGifer


Sebelumnya saya telah memposting artikel tentang QGifer, sebuah software untuk membuat animasi GIF dari Video. Sekarang saya mencoba membuat tutorialnya untuk pembaca sekalian. Hasilnya bisa dilihat pada gambar di atas. Mari kita mulai!

Satu
Buka file video yang diinginkan. Saya memilih film 'The Host' sebagai video bahan tutorial saya.

Dua
Pilah pilih scene yang akan kita jadikan animasi GIF. Scene yang saya pilih ini adalah saat si tokoh wanita mulai membuka mata setelah dijadikan inang oleh alien (halah... malah cerita... :D )


Tiga
Tentukan frame awal animasi GIF yang kita buat. Klik tombol start from current frame.

Empat
Tentukan frame akhirnya. Bisa sambil diputar (play) videonya, atau geser seekbarnya. Kalau sudah, klik tombol stop at current frame.

Biar lebih pas, kita bisa manfaatkan tombol Next Frame/ Previous Frame.


Lima
Ingin meng-crop calon animasi GIF pada satu objek tertentu saja? Kita bisa mengatur margin dengan menggeser border hitam yag terlihat pada sisi-sisi gambar. Kalau ingin lebih pas ukurannya, kita bisa edit di toolbox Margins.


Enam
Kembali pada toolbox Output Properties. Klik tombol from current frame untuk mendapatkan ukuran resolusi (width dan length) sebenarnya dari video kita. Kalau tadi di-crop, akan ditampilkan ukuran setelah di-crop. Langkah ini gunanya untuk menjaga aspect ratio animasi GIF kita, jadi hasilnya proporsional.


Tujuh
Tadi kita sudah dapatkan ukuran asli resolusi video yang kita miliki. Sekarang tinggal kita resize agar animasi GIF yang dihasilkan tidak terlalu besar. Punya saya, saya resize height-nya menjadi 150px. Width menyesuaikan karena keep ratio tercentang.


Delapan
Setelah dirasa beres, saatnya kita proses animasi GIF dari video. Klik Extract GIF, tunggu prosesnya,



kemudian muncul jendela preview seperti berikut


Kalau sudah sesuai keinginan, tinggal disimpan, dan selesai.


Selamat mencoba, dan semoga bermanfaat. Salam. 

0 Comments:

Post a Comment