Thursday, November 14, 2013

on Leave a Comment

Install Hotot (Twitter Client) di Slackware

Suka ngetweet atau sekedar baca-baca lini masa akun favorit? Banyak aplikasi twitter client yang bisa kita manfaatkan. Salah satunya adalah Hotot, twitter client open source dan cross platform. Bagi pengguna Slackware, berikut ini cara install Hotot di mesin anda.

Pertama, download dulu source-nya via git. Buka terminal dan copy perintah ini 

$ git clone git://github.com/lyricat/Hotot.git

Perintah ini akan mengunduh Folder Hotot ke direktori /home/anda. Setelah proses download selesai, lanjutkan dengan perintah berikut 

$ cd Hotot
$ mkdir build && cd build && cmake ..

Cmake sudah ada di Slackware, bahkan ada GUI-nya, jadi seharusnya tidak ada masalah sampai di sini. O iya, kalau tidak punya koneksi internet sendiri, bisa diunduh dalam bentuk zip di sini. Ekstrak di direktori /home/anda biar langkahnya sama dengan di atas.

Kita lanjutkan dengan meng-compile source code.

$ make
Terakhir, kita install Hotot sebagai root

# make install

Sip, Hotot telah terinstall di Slackware. Hotot masuk kategori Internet di menu aplikasi. Nah, ada dua pilihan, Hotot Gtk dan Hotot Qt. Yang Gtk gak jalan? Berarti sama dengan punya saya. :D


Saya tidak tahu kenapa begitu. Mungkin harus ada parameter tambahan di konfigurasi awal. Silakan ditelusuri lebih lanjut. Kalau saya sih, saya hapus Hotot Gtk dari menu. 

# rm /usr/local/share/applications/hotot.desktop

Selamat ngetweet, semoga bermanfaat dan follow akun twitter saya di @alihimawan

0 Comments:

Post a Comment