Thursday, December 27, 2012

on Leave a Comment

GIMP: Efek Teks Mengkilap pada Animasi GIF


Pada tutorial kali ini, kita akan membuat sebuah animasi GIF seperti gambar di atas, tentu saja menggunakan GIMP. Saya menyebutnya animasi gif dengan efek mengkilap (shining effect). Tertarik membuatnya?

Satu
Kita buat image baru, dengan background hitam. Kemudian dengan text tool, buat sebuah tulisan berwarna biru. Kemudian ubah layer teks menjadi layer biasa melalui Layer > Layer to Image Size


Dua
Kita berikan sedikit dekorasi untuk teks. Saya memberi border dan efek glossy. Sebelumnya kita seleksi dulu area teks pada layer. Bisa dengan Select by Color atau klik kanan layer > Alpha to selection. Untuk memberi border, kita bisa gunakan stroke (Edit > Stroke Selection). Tapi saya lebih suka dengan cara grow selection (Select > Grow), kemudian buat layer baru (transparent) di bawah layer teks, dan beri warna putih dengan Bucket Fill Tool.


Tiga
Masih melanjutkan dekorasi teks. Untuk efek glossy, kita seleksi lagi area teks, lalu potong sebagian seleksi dengan Ellipse Select Tool mode intersect.


Selanjutnya buat layer baru, dan kita beri warna gradasi dari transparent (atas) ke putih (bawah) seperti ini


Empat
Sekarang kita buat bagian yang 'begerak' dan menghasilkan efek mengkilap. Buat layer baru, transparent. Kita beri warna gradasi bi-linear putih - transparan secara diagonal. Biar lebih mudah, bisa kita namakan layer 'shine #1'


Geser layer ke kiri sehingga warna gradasi hanya menutupi bagian bawah kiri teks, seperti gambar ini.


Lima
Duplikat layer shine #1 (file duplikatnya akan bernama shine #2), lalu geser ke kanan (satu kali gesr dengan Shift+Right arrow). Duplikat layer shine #2 lalu geser lagi ke kanan (satu kali geser dengan Shift+Right). Dan seterusnya sampai area teks tertutupi. Punya saya, layer shine terduplikasi sampai shine #11


Enam
Karena efek mengkilap yang kita inginkan hanya pada area teks, maka kita harus menghilangkan gradasi pada layer shine di luar area teks. Seleksi area teks seperti pada langkah ke dua. 

Lalu pada masing-masing layer 'shine' kita tambahkan layer mask, klik kanan layer > Add Layer Mask. Pilih Selection pada jendela yang muncul, lalu klik Add.


Setelah kita tambahkan mask pada semua layer 'shine', akan tampak seperti ini


Tujuh
Jadikan satu seluruh layer selain layer 'shine' menjadi layer background, dengan Merge down satu per satu layer dibawah layer sine #1.


Delapan
Duplikat layer Background sebanyak layer 'shine'. Punya saya berarti ada 11 duplikat layer background (12 jika layer background asli ikut dihitung). Kemudian tempatkan masing-masing duplikat layer background di bawah layer shine #1 - #11.


Sembilan
Sedikit lagi animasi GIF kita selesai. Merge down masing-masing layer 'shine' pada background di bawahnya. Lalu kita preview hasilnya melalui Filters > Animation > Playback


Sepuluh
Terakhir, agar ukuran file GIF lebih kecil, pilih Filters > Animation > Optimize (for GIF). Kita buat teks yang polos (tanpa efek shine) agar tampil sedikit lebih lama dengan mengedit layer attributes dan mengubah 100ms menjadi 2000ms (2 detik).


Eksport dengan ekstensi .gif, dan centang opsi As Animation.

 
Dan animasi GIF kita sudah selesai.


Semoga bermanfaat. Mohon maaf kalau tutorial ini sedikit membingungkan, silahkan tinggalkan komentar jika anda ingin bertanya.

0 Comments:

Post a Comment