Monday, November 19, 2012

on Leave a Comment

Ketika Halaman phpmyadmin Hanya Berisi Index of /phpmyadmin

Beberapa waktu yang lalu saya menginstall phpmyadmin di Slackware 14. Maklumlah, saya masih newbie yang belum tahu caranya mengelola database MySQL lewat command line. Kebetulan ada yang meminta bantuan saya untuk membuat website. Saya mencari tutorial untuk mencari tahu barangkali ada pengaturan-pengaturan yang harus dilakukan setelah menginstall phpmyadmin.

Benar saja, di beberapa tutorial yang saya buka, semuanya menyertakan konfigurasi yang diperlukan. Setelah melakukan pengaturan ini-itu di httpd.conf dan config.inc.php, saya pun mencoba membuka halaman http://localhost/phpmyadmin. Tapi ada masalah. Halaman phpmyadmin hanya menampilkan Index of /phpmyadmin.

Saya periksa lagi file httpd.conf. Saya coba uncomment baris ini untuk meng-enable PHP.
# Uncomment the following line to enable PHP:
#
Include /etc/httpd/mod_php.conf

Oke, sekarang restart httpd
/etc/rc.d/rc.httpd restart

Saya refresh halaman phpmyadmin di browser, tapi masih tetap tidak berubah. Saya coba refresh berulang-ulang sampai clear cookies, tapi tetap saja yang ditampilkan hanya Index of /phpmyadmin.

Saya coba cari solusinya lewat Google. Walaupun sebenarnya saya kesulitan menentukan kata kuncinya, tapi kelihatannya ada yang sesuai dengan masalah ini. Solusinya adalah dengan menambahkan index.php setelah index.html di baris 266 (DirectoryIndex).
Dari
 <IfModule dir_module>
    DirectoryIndex index.html
</IfModule>

menjadi
<IfModule dir_module>
    DirectoryIndex index.html index.php
</IfModule> 

Setelah me-restart httpd dan refresh browser, Alhamdulillah, halaman phpmysql sudah sesuai harapan.


Demikian, sekedar share pengalaman saja dari saya. Mudah-mudahan bermanfaat untuk para pembaca. Salam.

0 Comments:

Post a Comment