Thursday, November 15, 2012

on Leave a Comment

GIMP: Membuat Neon Glow Text



Sering melihat neon warna-warni membentuk tulisan di toko-toko, mall, restoran, atau hotel, saat jalan-jalan di malam hari? Bagus ya? Nah, kali ini kita akan membuat neon berbentuk abjad itu dengan GIMP. Tutorial ini juga saya adaptasi dari gimpusers.com (banyak tutorial yang menarik di situ) dengan sedikit penyesuaian. Oke, kita mulai..


Satu
Buat sebuah image baru dengan background hitam. Lalu masukkan teks yang kita inginkan. Ubah layer teks ini menjadi layer biasa melalui menu Layer > Layer to Image Size


Dua
Kita buat penghubung antara satu huruf dengan huruf lain, menggunakan Paintbrush tool. Kalau semua huruf sudah terhubung, kita lanjutkan langkah berikutnya.


Tiga
Pilih menu Filters > Blur > Gaussian blur, dengan radius 5px (punya saya), punya anda silakan disesuaikan kebutuhan. Tujuannya agar neon text yang kita buat ini nanti terlihat rounded.


Empat
Setelah di-blur, kita perjelas lagi melalui menu Colors > Curves. Ubah Channel (kiri atas) ke alpha, lalu geser titik di kiri bawah ke kanan mendekati garis tengah, begitu juga titik di kanan atas, kita geser ke kiri mendekati garis tengah.



Lima
Sekarang kita ubah teks yang telah dimanipulasi tadi menjadi neon text. Pilih menu Filters > Alpha to Logo > Neon. Punya saya, nilai Effect size-nya saya buat 10px, dan warna glow-nya #26d3ff.


Klik OK, dan lihat hasilnya.



Enam
Kita punya 3 layer baru, Neon tubes, Neon glow, dan background.


Duplikat layer neon glow untuk memberi kesan lebih terang.



Sekian, selamat mencoba..

0 Comments:

Post a Comment