Tuesday, December 20, 2016

on Leave a Comment

Mengganti Adapter TV Tunner GADMEI dengan Charger Ponsel

Saya punya TV tuner Gadmei yang lama tidak dipakai. Saya beli waktu masih lajang, lalu dianggurin setelah menikah (gak punya antena soalnya, hehe..) Jadilah di rumah kontrakan kami tidak ada TV.
Sampai suatu hari saya beli antena, dan mencobanya. Awalnya lancar, hanya saja gambarnya tidak jelas semua. Maklum, antena masih di dalam, belum dipasang dengan benar. Tapi beberapa menit kemudian, TV tuner-nya mati. Saya tidak tahu apa yang rusak, tapi dugaan saya adapternya yang bermasalah. Dianggurin lagi deh akhirnya.



Setelah pindah kontrakan, saya berniat membeli adapter baru. Dari searching di internet, ada yang jual online. Tapi saya tertarik dengan artikel yang membahas masalah adapter rusak ini. Dijelaskan, kita bisa pakai adapter lain asal output tegangannya sama, DC 5V, dan arusnya tidak lebih kecil dari 600 mA, lebih besar malah lebih baik. Saya jadi terpikir untuk memanfaatkan charger ponsel.


Charger ponsel, terutama smartphone, hampir semuanya punya output tegangan DC 5V, dan arus 1000 mA. Berarti sangat bisa digunakan. Saya coba memanfaatkan adapter/ kepala charger dan kabel usb yang tidak terpakai, dirangkai dengan colokan power input dari adapter yang rusak.
Colokan power input yang saya maksud seperti ini (gambar nyomot di sini)


Jadilah seperti ini (jelek ya..)


Alhamdulillah, TV tuner saya bisa dinyalakan lagi. Lumayan buat hiburan. Apalagi waktu itu mendekati Ramadhan, dan ada piala Eropa.

0 Comments:

Post a Comment