Thursday, February 23, 2012

on Leave a Comment

GIMP, Alternatif Terbaik Pengganti Photoshop


GIMP, singkatan dari GNU Image Manipulation Program, adalah software pengolah gambar seperti Adobe Photoshop. Edit foto, manipulasi gambar, desain, desain web, sampai animasi GIF bisa kita lakukan dengan GIMP. Bedanya, jika Photoshop berbayar, GIMP ini sifatnya free dan open source.

GIMP menurut saya adalah alternatif terbaik untuk menggantikan Photoshop. Kemampuannya bisa dibilang setara. Kalau ada yang mengatakan Photoshop masih lebih baik, ya wajar saja, karena Adobe membanderolnya dengan harga yang cukup mahal. Banyak mana, orang (terutama Indonesia) yang memiliki lisensinya (legal) dengan yang membajak (ilegal)? Dengan tanpa mengeluarkan biaya untuk lisensinya, kita bisa memiliki GIMP yang mampu melakukan hal serupa dengan Photoshop.

Saat ini, versi stable GIMP yang terakhir adalah versi 2.6.12. Versi ini adalah versi 2.6 terakhir sebelum pengembang GIMP meluncurkan versi 2.8. GIMP punya kebiasaan mengeluarkan versi dengan code angka genap untuk versi stable-nya. Sedangkan angka ganjil biasanya untuk versi unstable, seperti versi 2.7 saat ini. Versi unstable tidak direkomendasikan untuk kebanyakan kita, pengguna biasa.

Insya-Allah, saya ingin banyak mem-posting tutorial desain menggunakan GIMP dan Inkscape di blog ini, baik yang buatan sendiri maupun adaptasi dari tutorial lain. Sebenarnya sudah banyak tutorial bertebaran di internet. Semoga blog ini bisa menjadi salah satu yang bermanfaat.

0 Comments:

Post a Comment